Sunday 23 August 2015

Materi tentang "Kebutuhan Manusia"

Assalamualaikum wr.wb
Pada kali ini saya akan memberikan informasi seputar pelajaran IPS dengan pokok pembahasan tentang Kebutuhan Manusia. Mungkin hanya kulintnya saja,yasudah langsung saja disimak yah!!

KEBUTUHAN MANUSIA
1.       Pengertian Kebutuhan Manusia
Kebutuhan Manusia merupakan sesuatu yang dirasa perlu dan harus segera dipenuhi.
Munculnya kebutuhan manusia tersebut, kemudian mendorong tumbuhnya keinginan untuk memperoleh segala sesuatu yang dibutuhkan sebagai alat pemuas kebutuhan hidupnya.  Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yaitu diwaktunya, kebutuhan harus segera dipenuhi sedangkan keinginan waktunya bisa ditunda. Kebutuhan menusia tidak terbatas, jika dipenuhi akan muncul kebutuhan yang lain dan berlangsung secara terus menerus.
Kebutuhan  manusia tidak terbatas disebabkan oleh faktor berikut:
a)      Makin bertambahnya jumlah penduduk
b)      Makin majunya pengetahuan dan teknologi
c)       Makin majunya tingkat kebudayaan
d)      Makin luasnya pergaulan
2.       Macam-macam Kebutuhan
a.       Menurut Intensitas atau tingkat kepentingan
·         Kebutuhan Primer/Kebutuhan Pokok yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Contohnya: makan, minum, pakain, papan, alat tulis bagi anak sekolah.
·         Kebutuhan Sekunder/Kebutuhan Pelengkap yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Contohnya : tas, tempat alat tulis, dll
·         Kebutuhan Tersier yaitu Kebutuhan terhadap barang-barang mewah. Contohnya : hanphone, laptop, dll
b.      Menurut sifat atau sumber yang menerimanya
·         Kebutuhan Jasmani yaitu kebutuhan yang manfaatnya dirasakan oleh jasmani kita. Contohnya : olahraga
·         Kebuthan Rohani yaitu kebutuhan yang manfaatnya dirasakan oleh rohani kita. Contohnya : ibadah ,nasihat, agama, dll.
c.       Menurut Subjek
·         Kebutuhan Individu yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi sendiri oleh masing-masing individu. Contohnya :makan,minum, dan belajar.
·         Kebutuhan kolektif yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi bersama manfaatnya yang dirasakan secara bersama-sama. Contohnya : kerja bakti lingkungan.
d.      Menurut waktu
·         Kebutuhan Sekarang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang/secepatnya/saat ini dan manfaatnya langsung dapat dirasakan. Contohnya : makan, minum, pakaian dll.
·         Kebutuhan yang akan datang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang dan manfaatnya dapat dirasakan dikemudian hari. Contohnya : tabungan, belajar, ansuransi, dll
e.      Menurut sosial budaya
·         Kebutuhan sosial yaitu kebutuahan manusia untuk dapat hidup bersama kelompoknya ditengah-tengah masyarakat dan bersama-sama dengan orang lain.
·         Kebutuhan psikologi yaitu kebutuhan dan rasa aman dan tentram berada dilingkungannya dan tidak merasa terancam.

Itulah pembahasan saingkat dari materi KEBUTUHAN MANUSIA, adapun FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA yang akan kita akan bahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya pada artikel ini, terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda