Friday 14 July 2017

PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI



PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI 

Ideologi menurut para ahli
pentingnya Ideologi bagi suatu negara adalah sebagai pondasi pokok untuk menunjang berdirinya suatu negara serta sebagai pedoman untuk mencapai tujuan suatu negara. maka dari itu pada tulisan
ini akan menjelaskan secara singkat APA SIH IDEOLOGI ITU???? mungkin dalam tulisan ini bisa kalian jadikan sebagai referensi materi Pkn.

Pengertian Ideologi

Secara etimologi, ideologi berasal dari bahasa Yunani, kata Ideologi berasal dari dua kata yaitu Idea yang berarti pikiran, gagasan, konsep atau cita-cita dan Logos yang berarti ilmu, pengetahuan, dan paham.
Dengan demikian Ideologi dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan/ilmu/paham mengenai cita-cita atau suatu gagasan yang berdasarkan pikiran tertentu.

Beberapa pengertian tentang Ideologi

Menurut para ahli:
1.       Menurut ANTOINE DESTUTT DE TRACY
Ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu mengenai ide-ide yang mengatasi prasangka-prasangka agama maupun metafisika.
2.       Menurut NICOLLO MACHIAVELLI berasal dari Florence Italia (1469-1529)
Ideologi pada dasarnya berkenaan dalam siasat politik praktis. Ideologi pada hakekatnya adalah pengetahuai mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.
3.       Menurut Dr.Alfian
Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya yaitu secara moral yang dianggap baik dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
4.       Menurut C.S.T.Kansil
Ideologi adalah: (a) kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, (b) cara berfikir seseorang atau suatu golongan.
5.       Menurut Karl Mark berasal dari Jerman (1818-1883)
Ideologi adalah kesadaran palsu, menurutnya ideologi merupakan hasil pemikiran tertentu yang diciptakan oleh para pemikir yang berisi pengandaian-pengandaian spekulatif untuk melindungi kepentingan kelas penguasa yang umumnya memaksakan ide itu kepada masyarakat.

Dari beberapa pengertian Ideologi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa indeologi adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan cita-cita yang terdiri atas seperangkat gagasan-gagasan atau pemikiran manusia mengenai soal cita-cita politik, doktrin atau ajaran, nilai-nilai yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pengertian ideologi secara umum :
·         Dalam arti luas,ideologi menunjuk pada pedoman dalam berfikir ataupun bertindak di semua segi kehidupan, baik segi kehidupan pribadi maupun umum.
·         Dalam arti sempit,ideologi menunjuk pada pedoman baik dalam berfikir maupun dalam bertindak dalam bidang tertentu.
·         Ideologi negara adalah ideologi dalam pengertian sempit atau terbaatas. Ideologi negara merupakan konsensus warga negara tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan melalui kehidupan negara itu.
·         Karena terkait dengan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat dan bernegara, yang tidak lain adalah kehidupan politik, ideologi negara sering disebut pula ideologi politik.
Itulah secara singkat Pengertian secara bahasa , oleh para ahli, dan secara umum mengenai apa itu Ideologi.  Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda